Definisi
Antar Muka dan Kolaborasi Antar Muka Otomotif Multimedia
Antar muka (interface) adalah
salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi
antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi
yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu
Command Line Interface(CLI) dan Graphical User Interface(GUI). Kolaborasi antar
muka otomotif multimedia adalah dalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk
menciptakan standarisasi dunia yang digunakan dalam mengatur bagaimana sebuah
perangkat elektronik dapat bekerja. Contoh Komputer dan alat komunikasi
kendaraan atau computer dan radio dalam mobil. Setiap perangkat elektronik yang
dipasang belum tentu cocok dengan setiap kendaraan. Perangkat elektronik atau
multimedia bisa saja mengganggu sistem keselamatan dan system-sistem lain di
dalam kendaraan. Itulah kenapa perlu dibentuk standarisasi kolaborasi antarmuka
multimedia.
Kolaborasi antar muka otomotif
multimedia adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk menciptakan
standarisasi dunia yang digunakan dalam mengatur bagaimana sebuah perangkat
elektronik dapat bekerja. Contoh Komputer dan alat komunikasi kendaraan atau computer
dan radio dalam mobil. Satip alat elektronik itu harus dapat bekerja dengan
selaras sehingga kendaraan dapat lebih handal. Setiap perangkat elektronik yang
dipasang belum tentu cocok dengan setiap kendaraan. Perangkat elektronik atau
multimedia bis saja mengganggu system keselamatan dan system-sistem lain di
dalam kendaraan. Itulah kenapa perlu dibentuk standarisasi kolaborasi antarmuka
multimedia. Kendaraan segera akan mengalamin peningkatan perlengkapan dengan
ditambahkannya sistem digital yang mendukung beberapa aplikasi seperti untuk
mengakses informasi, komunikasi, kemanan dan internet. Ketertarikan terhadap
aplikasi multimedia pada kendaraan meningkat, misalnya pada periode 2003-2005.
Seperti: pengenalan aplikasi real-time, kamera kecepatan tinggi, seiring dengan
semakin meningkatnya komersialisasi lalu lintas multimedia dan pelayanan
pariwisata dan travel. Oleh sebab itu, kebutuhan akan multimedia bus yang
diletakkan pada kendaraan akan meningkat.
Automotive Multimedia Interface
Collaboration (AMI-C) menyatakan bahwa akan menggandeng teknologi Open Service
Gateway Initiative (OSGi) sebagai framework untuk platform sofware yang
dibangun untuk informasi mobile dan sistem entertainment. Dalam kombinasi’a,
AMI-C dan framework OSGi akan menyediakan satu platform software yang umum dan
pasar yang terbuka untuk penyedia aplikasi atomotif berbasis wireless. Untuk
pengguna, platform umum tersebut akan menyediakan pilihan software aplikasi
yang luas.
Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) sudah memiliki anggota : Fiat, Ford, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Citroen, Renault. AMI-C mengembangkan dan men-standarisasi antarmuka multimedia dan telematika otomotif yang umum untuk jaringan komunikasi kendaraan. Dan 40 pemasok elektronik mendaftarkan diri untuk menulis standar. Mereka berpendapat untuk menulis standar diperlukan waktu selama 2 tahun. Tapi dua tahun adalah masa di telematika. Penyelenggara elektronik, ponsel, komputer dan peralatan video yang akan menggunakan koneksi dapat melewati beberapa generasi dalam waktu itu. Standar-standar akan memungkinkan sebuah pasar plug-and-play global untuk perangkat elektronik yang akan dipasang di kendaraan dengan kemudahan yang sama dengan melampirkan pheriperal komputer pribadi.
Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) sudah memiliki anggota : Fiat, Ford, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Citroen, Renault. AMI-C mengembangkan dan men-standarisasi antarmuka multimedia dan telematika otomotif yang umum untuk jaringan komunikasi kendaraan. Dan 40 pemasok elektronik mendaftarkan diri untuk menulis standar. Mereka berpendapat untuk menulis standar diperlukan waktu selama 2 tahun. Tapi dua tahun adalah masa di telematika. Penyelenggara elektronik, ponsel, komputer dan peralatan video yang akan menggunakan koneksi dapat melewati beberapa generasi dalam waktu itu. Standar-standar akan memungkinkan sebuah pasar plug-and-play global untuk perangkat elektronik yang akan dipasang di kendaraan dengan kemudahan yang sama dengan melampirkan pheriperal komputer pribadi.
Automotive Multimedia Interface
Collaboration atau yang lebih dikenal dengan singkatan AMI-C, adalah suatu
bentuk pengembangan dan stadarisasi yang umum multimedia dan telematika
otomotif untuk kendaraan antarmuka jaringan komunikasi. The Automotive Multimedia
Interface Kolaborasi (AMIC) didirikan pada Oktober 1998 dengan tujuan untuk
mengembangkan serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia interface ke sistem
elektronik kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai berbasis komputer
perangkat elektronik di dalam kendaraan. Inisiatif ini – yang pendiri
Daimler-Chrysler, Ford, General Motors, Renault dan Toyota – sekarang kelompok
semua auto utama pembuat, dan dengan demikian menyediakan kesempatan strategis
baru untuk mencapai suatu set umum industri mobil. Untuk berbagai alasan,
kendaraan telah tertinggal di belakang rumah dan perangkat komputasi mobile
ketika datang ke alat produktivitas dan multimedia. Keamanan, kehandalan,
biaya, dan desain waktu memiliki semua faktor dalam produsen mobil ‘menunda
penerimaan teknologi baru.
Automotive Multimedia Interface
Collaboration (AMI-C) menyatakan bahwa akan menggandeng teknologi Open Service
Gateway Initiative (OSGi) sebagai framework untuk platform sofware yang
dibangun untuk informasi mobile dan sistem entertainment. Dalam kombinasinya,
AMI-C dan framework OSGi akan menyediakan satu platform software yang umum dan
pasar yang terbuka untuk penyedia aplikasi atomotif berbasis wireless. Untuk
pengguna, platform umum tersebut akan menyediakan pilihan software aplikasi
yang luas. Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) sudah memiliki
anggota : Fiat, Ford, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA
Peugeot-Citroen, Renault. AMI-C mengembangkan dan men-standarisasi antarmuka
multimedia dan telematika otomotif yang umum untuk jaringan komunikasi
kendaraan.
Sejarah AMIC (Automotive Multimedia Interface
Colaboration)
The Automotive Multimedia
Interface Kolaborasi (AMIC) didirikan pada Oktober 1998 dengan tujuan untuk
mengembangkan serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia interface ke sistem
elektronik kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai berbasis komputer
perangkat elektronik di dalam kendaraan. Inisiatif ini-yang pendiri
Daimler-Chrysler, Ford, General Motors, Renault dan Toyota – sekarang kelompok
semua auto utama pembuat, dan dengan demikian menyediakan kesempatan strategis
baru untuk mencapai suatu set umum industri mobil. AMI-C adalah organisasi global
yang mewakili mayoritas dunia produksi kendaraan. AMI-C adalah mengembangkan
dan standarisasi yang umum multimedia dan telematika otomotif antarmuka untuk
kendaraan jaringan komunikasi. Organization of motor vehicle manufactures
created to facilitate the development and standardization of automotive
multimedia interfaces to motor vehicle communication networks.– Specifications
for physical network interfaces, network protocols and In-vehicle software
interfaces (telematics and local)
• Release 2 specifications due Dec. 2002
• Characteristic
• Vehicle control: Low-speed wired communication
• Information system: High-speed wired communication
Untuk berbagai alasan,
kendaraan telah tertinggal di belakang rumah dan perangkat komputasi mobile
ketika datang ke alat produktivitas dan multimedia. Keamanan, kehandalan,
biaya, dan desain waktu memiliki semua faktor dalam produsen mobil ‘menunda
penerimaan teknologi baru. Makalah membahas otomotif standar untuk antarmuka
multimedia. Organisasi seperti Otomotif Kolaborasi Multimedia Interface (AMI-C)
memiliki kesempatan untuk menjadi kekuatan pendorong di belakang upaya
standardisasi.
Depan yang berbeda, The Otomotif Multimedia Interface Kolaborasi(AMI-C) mengumumkan di seluruh dunia cipta penugasan dari 1394 spesifikasi teknis otomotif ke Trade Association 1394 AMI-C berikut dokumen sekarang milik 1394TA:
• AMI-C 3023 Power Management Specification
• AMI-C 3013 Power Management Architecture
• AMI-C 2002 1.0.2 Common Message Set Power Management
• AMI-C 3034 Power Management Test Documents
• AMI-C 4001 Revision Physical Speci .cation.
Tujuan dan Fungsional Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia Telematika :
Depan yang berbeda, The Otomotif Multimedia Interface Kolaborasi(AMI-C) mengumumkan di seluruh dunia cipta penugasan dari 1394 spesifikasi teknis otomotif ke Trade Association 1394 AMI-C berikut dokumen sekarang milik 1394TA:
• AMI-C 3023 Power Management Specification
• AMI-C 3013 Power Management Architecture
• AMI-C 2002 1.0.2 Common Message Set Power Management
• AMI-C 3034 Power Management Test Documents
• AMI-C 4001 Revision Physical Speci .cation.
Tujuan dan Fungsional Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia Telematika :
1. Menyediakan interface standar untuk memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi - dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular, melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output.
2. Meningkatkan pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.
3. Memotong biaya keseluruhan informasi kendaraan dan peralatan hiburan dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu pengembangan - industri otomotif efektif terdiri dari banyak pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan sering mengandung berbagai adat-mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya sekitar 50.000 unit.
4. Menawarkan standar terbuka dan spesifikasi untuk informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dan dunia luar.
Implementasi Otomotive Multimedia di Berbagai Bidang
A. Dalam Bidang Industri Mobil :
Pengembangan serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia interface ke sistem elektronik kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai berbasis komputer perangkat elektronik di dalam kendaraan. Inisiatif ini dilakukan oleh pendiri BMW, DaimlerChrysler, Ford, Fiat, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA / Peugeot-Citroen, Renault, Toyota, dan VW.
B. Dalam Bidang Bisnis :
-Company Profile
-Presentasi Bisnis
-Simulasi atau demonstrasi produk
C. Dalam Bidang kesehatan :
-Simulasi anggota tubuh seperti otak, usus, paru-paru
-Simulasi bakteri, virus, cara kerja penyakit
-Media penyuluhan kesehatan
Sumber:
http://oetaribudhi.blogspot.co.id/2015/01/kolaborasi-antarmuka-otomotif-multimedia.html http://desantagputra.blogspot.co.id/2015/12/kolaborasi-antarmuka-otomotif-multimedia.html
http://ridwan-simbada.blogspot.co.id/2011/12/kolaborasi-antarmuka-otomotif.html
http://indiawans27.blogspot.co.id/2016/01/kolaborasi-antarmuka-otomotif-multimedia.html
http://oetaribudhi.blogspot.co.id/2015/01/kolaborasi-antarmuka-otomotif-multimedia.html http://desantagputra.blogspot.co.id/2015/12/kolaborasi-antarmuka-otomotif-multimedia.html
http://ridwan-simbada.blogspot.co.id/2011/12/kolaborasi-antarmuka-otomotif.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar