Pertama
baca di jadwal ada mata kuliah GRAFIK KOMPUTER dan PENGOLAHAN CITRA, saya
berfikir mata kuliah ini berhubungan dengan matematika yang banyak berhitungan,
seperti statistik. Ternyata semua itu beda, mata kuliah ini berhubungan dengan
gambar, berikut penjelasan :
•Grafik
Komputer :
suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan
citra. Model berasal dari beberapa bidang seperti fisik, matematik, artistik
dan bahkan struktur abstrak.
•Istilah
”Grafik Komputer”ditemukan
tahun 1960 oleh William Fetter :
pembentukan disain model cockpit
(Boeing) dengan menggunakan pen
plotter dan referensi model tubuh
manusia
3 Dimensi .
Komponen
Dasar Sistem Grafik Interaktif :
–Masukan
: mouse, tablet dan stylus, peralatan force
feedback, scanner,
live video stream, dll
–Proses
dan Penyimpanan
–Keluaran
: layar, printer berbasis kertas, perekam
video, non-linear editor, dll.
Sejarah
Perkembangan Komputer Grafik
•Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan
simulasi efek fisik.
•1961: Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan
menggunakan teknologi Grafik Komputer.
•1963 : -ditermukan Sutherland (MIT)
-Sketchpad
(manipulasi langsung, CAD)
-Alat untuk
menampilkan Calligraphic (vector)
-Mouse oleh
Douglas Englebert
•1968 : ditemukan Evans & Sutherland.
•1969 : Journal SIGGRAPH pertama kali diterbitkan
•1970: Pierre B´eezier mengembangkan kurva B´eezier.
•1971: ditemukan Gouraud Shading,
•1972: ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang
menggunakan animasi
komputer.
•1974: Ed Catmull mengembangkan z-buffer (Utah). Komputer animasi
pendek,
Hunger:Keyframe
animation and morphing
•1976: Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping.
•1977:
Film terkenal Star Wars menggunakan grafik komputer
•1979:
Turner Whitted mengembangkan algoritma ray tracing,untuk pesawat Death Star.
•Pertengahan
tahun 70-an hingga 80-an: Pengembangan Quest for realism radiosity
sebagai main-stream aplikasi
realtime.
•1982:
Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel.
•1984:
Grafik Komputer digunakan untuk menggantikan model fisik pada film The Last
Star
Fighter.
•1986:
Pertama kalinya Film hasil produksi grafik komputer dijadikan sebagai nominasi
dalam Academy
Award: Luxo Jr. (Pixar).
•1989:
Film Tin Toy (Pixar) memenangkan Academy Award.
•1995:
Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film3D animasi panjang
pertama
•Akhir
tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu
pengetahuan
dan kedokteran, artistic rendering, image
based rendering, path tracing, photon maps, dll.
•Tahun
2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic
rendering.
PengolahanCitra
DijitalPengolahanCitra Dijital
•memperbaiki kwalitas gambar, dilihat dari aspek
radio metrik (peningkatan kontras,
Transformasi warna, restorasi citra)
dan dari aspek geometrik( rotasi, translasi, skala, transformasi geometrik);
•melakukan pemilihan citra ciri (feature
images) yang optimal untuk tujuan analisis;
•melakukan proses penarikan informasi atau deskripsi
obyek atau pengenalan obyek yang
Terkandung
pada citra;
•melakukan kompresi atau reduksi data untuk tujuan
penyimpanan data, transmisi data,
Dan waktu proses
data.
ElemenFungsiDasarSistemPengolahanCitraElemenFungsiDasarSistemPengolahanCitra
•PembentukanCitra
–Sensor
yang sensitif terhadap gelombang EM menghasilkansinyal listrik sesuai dengan energi
yang diterima. Analog-to-Digital Converter / Digitizer akan mengubah sinyal listrik
tersebut menjadi bentuk dijital.
–Scanner
yang menerima masukan dalam bentuk analog (dokumen, peta, foto) akan mengubah menjadi
data dalam bentuk dijital.
•PenyimpananCitra
–Penyimpanan
jangka pendek (sedang diproses): memory
–Penyimpanan
on-line (siap dipakai): disk magnetik
–Penyimpanan
arsip: pita atau disk magnetik, CD
Tujuan
Grafik komputer mempunyai beberapa tujuan pengaplikasian, antara lain :
Grafik komputer mempunyai beberapa tujuan pengaplikasian, antara lain :
1.
Bidang Hiburan
2.
Bidang Pendidikan
3.
Bidang Perancangan
4.
Bidan Kedokteran
5.
Bidang VR(Virtual Reality)
Pengolahan citra juga mempunyai beberapa
tujuan dalam bidangnya antara lain :
1.
Perbaikan kualitas citra (image
enchacement) tujuan memperbaiki kualitas citra dengan memanipulasi
parameter-parameter citra.
2.
Pemugaran
citra (image restoration) tujuan menghilangkan cacat pada
citra. Dengan hal ini penyebab degradasi citra diketahui.
3.
Pemampatan
citra (image compression) tujuan citra direpresentasikan dalam
bentuk lebih kompak, sehingga dapat mempertahankan kualitas gambar dengan
memori yang lebih sedikit (misalnya .BMP menjadi .JPEG).
4.
Segmentasi
citra (image segmentation) tuuan memecah sutu citra ke dalam
beberapa segmen dengan suatu criteria tertentu.
5.
Analisis citra (image
analysis) tujuan menghitung besaran kuantitatif dari citra untuk
menghasilkan deskripsinya.
6.
Rekontruksi
citra (image reconstruction) tujuan membentuk ulang objek dari
beberapa citra hasil proyeksi.
perbedaan yang lebih umum dari grafik komputer dan pengolahan citra
adalah pengolahan dan pembuatan. jika grafik komputer berdasarkan pembuatan dan
manipulasi. dan pengolahan citra melakukan transformasi suatu citra/gambar
menjadi citra lain dengan menggunakan teknik tertentu. Berikut gambaran yang
saya dapatkan dari mata kuliah ini mohon maff bila ada penulisan yang kurang
baik...
daftar pustaka :
karmila.staff.gunadarma.ac.id
http://audygunadarma.blogspot.co.id/2014/09/grafik-komputer-pengolahan-citra.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar